Menu

Pertolongan Pertama Pada Jari Putus

Pertolongan Pertama Pada Jari Putus

Luka gores karena pisau mungkin hal yang ringan, namun goresan pisau yang kuat bisa menyebabkan jari putus. Meskipun, terkadang kasus ini hanya terjadi karena kecelakaan di dapur, jari yang putus tergolong suatu kecelakaan yang fatal. Sebab, bila penanganan nya keliru, korban bisa kehilangan jari nya seumur hidup.

Sebenarnya, jari putus tidak hanya terjadi karena kecelakaan akibat sayatan pisau di dapur saja. Beberapa kecelakaan lain, seperti berkelahi, perampokan, terkena gergaji, kecelakaan akibat terkena mesin, terkena baling-baling mesin perahu dan kecelakaan lain juga sangat potensial menyebabkan putusnya jari. Untuk itu, kasus ini tidak bisa dianggap sepele karena dapat menyebabkan cacatnya korban seumur hidup.

Biasanya, orang yang mengalami kejadian semacam ini akan panik. Selain karena takut akan darah, histeria penderita juga disebabkan oleh adanya pikiran negatif tentang kecelakaan ini, seperti ancaman kehilangan jari seumur hidup.hal ini akan bertambah parah jika orang – orang yang ada di sekeliling nya juga ikut panik. Untuk itu tidak heran jika korban kerap kali ada yang sampai jatuh pingsan.

Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan.

  • Apapun alasannya, jika korban diserang panik, tenangkan dan berusaha untuk memberikan masukan yang positif. Jelaskan bahwa jari yang putus tersebut masih bisa disambung kembali.
  • Ambil potongan jari tersebut kemudian masukan kedalam sebuah kantong kedap air atau plastik kering yang tertutup rapat.
  • Masukan kantong tersebut kedalam pecahan es batu, bukan air es.anda bisa menggunakan termos yang telah diisi es batu terlebih dahulu.
  • Hentikan pendarahan dengan menggunakan kain yang bersih dan lembut.
  • Ingat, jangan mengikat jari yang terpotong dengan bahan apapun sebab tindakan itu hanya akan mengurangi suplai darah.
  • Segera larikan korban ke rumah sakti terdekat sambil membawa potongan jari tersebut.

Perhatian :

  • Perjalanan menuju pusat pelayanan kesehatan, jaga agar air tidak masuk ke dalam /merendam kantong plastik yang berisi potongan jari tersebut.
  • Pilihlah rumah sakit yang anda ketahui memiliki fasilitas untuk melakukan transplantasi untuk menyambung kembali jari yang putus tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *