Menu

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan

Terkadang tanpa disengaja, entah kita sendiri, keluarga, atau bahkan mungkin teman, karena suatu hal, luka bakar bisa terjadi. Luka bakar ini adalah jenis cedera yang biasanya disebabkan oleh api, listrik, bahkan kimia, radiasi, gesekan, sinar matahari, dan benda atau cairan panas.
Secara teoritis luka bakar ringan ini termasuk dalam luka bakar tingkat 1 dan luka bakar tingkat 2. Pada tingkat pertama, luka bakar ringan biasanya mempunyai tingkat kerusakan jaringan yang terjadi pada bagian luar saja, yaitu pada lapisan kulit (epidermis) penderita. Pada kondisi ini, kulit penderita akan memerah dan dalam beberapa kasus muncul bengkak dan rasa sakit. Misalnya kulit yang terkena air mendidih atau memegang benda panas.
Sedangkan luka bakar tingkat kedua, adalah luka bakar yang sampai tembus ke lapisan kedua kulit (dermis). Pada luka ini, kulit sangat kemerahan dan tampak bercak-bercak. Luka kategori ini biasanya menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit dari sedang sampai parah.

Pertolongan Pertama
Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi luka bakar ringan adalah :

  • Dinginkan luka dengan air. Masukan bagian tubuh yang terkena luka bakar kedalam air yang mengalir atau menggenang selama 15 menit atau hingga rasa sakit hilang. Misalnya dibawah keran air yang mengalir terus menerus. Tujuannya adalah untuk mencegah dan mengurangi terjadinya pembengkakan yang disebabkan oleh kerusakan jaringan dan mencegah kerusakan merembet ke lapisan kulit yang lebih dalam.
  • Perban. Meski pemakaian perban lebih baik dilakukan oleh paramedic, namun tidak ada salahnya anda melakukannya sendiri sebelum ditangani oleh paramedic. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya infeksi. Dengan catatan sebelum luka ditutup dengan perban, bersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan oleskan cairan atau krim antibiotic.

Perhatian

  • Pada bagian ini akan dibahas beberapa hal tentang larangan dan anjuran yang harus diperhatikan terkait dengan penanganan luka bakar ringan.
  • Jangan mengoleskan apapun ke kulit yang mengalami luka bakar sebelum anda melakukan tindakan diatas, mengolesi pasta gigi atau mentega bukanlah tindakan yang tepat, bahkan akan memicu munculnya infeksi.
  • Hindari memberikan minyak pada luka bakar.
  • Jangan memberikan obat-obatan lain atau ramuan tanpa persetujuan dokter.
  • Jangan meletakan es batu secara langsung pada luka bakar karena dapat menyebabkan frostbite, yaitu cedera atau kematian sel karena membeku.
  • Setelah luka bakar dingin, oleskan lotion yang mengandung aloe vera atau Vitamin E. hal ini bertujuan untuk mencegah kulit menjadi kering atau rusak.
  • Selain itu kasa steril yang mengandung antibiotic dan bisa juga mengoleskan krim antibiotic misalnya bioplacenton.
  • Untuk mengurangi rasa nyeri atau demam, minumlah obat pereda nyeri seperti paracetamol atau aspirin.
  • Setelah luka bakar sembuh, gunakan mederma gel yang bisa dibeli di apotek terdekat untuk menghilangkan bekas luka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *