Menu

Pertolongan Pertama Pada Luka

 

LUKA MEMAR

Jika seseorang mengalami benturan atau terpukul oleh benda tumpul dengan tekanan yang tinggi, maka kulit juga akan mengalami luka. Namun luka yang terjadi adalah luka dalam yang ditunjukan oleh memar pada kulit.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk memberikan tindakan terhadap penderita luka memar :

  • Pertama-tama lakukan kompres, bisa menggunakan air dingin seperti es atau es batu. Lakukan pengompresan ini selama kurang lebih 10 menit. Usahakan untuk memberikan tekanan pada luka dengan tujuan untuk mengurangi pembengkakan.
  • Posisi kan daerah luka memar pada posisi atas jantung.
  • Dua hari setelah kejadian, anda dapat mengompres kembali luka memar penderita. Kompres dengan menggunakan air hangat dan lakukan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan 2-3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar aliran darah bisa meningkat pada bagian tubuh yang terluka sehingga penyembuhan bisa berjalan cepat.
  • Jika luka memar terjadi pada kepala dan terjadi muntah-muntah serta pingsan, segera bawa ke dokter atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan yang baik. Ini penting untuk dilakukan karena dikhawatirkan penderita mengalami gegar otak atau kontak dengan otak belakang.

 

LUKA TEMBAK

Luka tembak bisa saja dialami seseorang karena sebuah peluru yang mungkin nyasar dan mengenai dirinya. Kasus ini meskipun tidak banyak terjadi, namun perlu diwaspadai.

Berikut adalah cara pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk menolong korban.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat keluarnya peluru. Jika tidak ada, kemungkinan besar peluru tersebut tertinggal didalam tubuh.
  • Segera cari sumber pendarahan. Jika sudah ditemukan segera tekan dengan menggunakan pembalut.
  • Jika darah sudah tidak keluar lagi atau berkurang, segera bersihkan luka dengan menggunakan kasa.
  • Setelah bersih, tutup luka dengan perban atau benda-benda lainnya.

Segera bawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat supaya mendapatkan pertolongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *