Menu

Pertolongan Pertama Pada Orang Kesetrum

Pertolongan Pertama Pada Orang Kesetrum

Tahukah anda bahwa terkena serangan listrik atau kesetrum adalah penyebab kematian seketika akibat kecelakaan. Ia adalah peristiwa dimana terdapat aloran listrik yang mengalir pada tubuh dengan reaksi yang sangat cepat.

Bahaya Serangan Listrik

Arus listrik yang masuk dan melewati tubuh sangat berbahaya. Ia bisa menyebabkan rusaknya jaringan tubuh seperti saraf, otot, dan dapat mengacaukan kerja jantung. Biasanya orang kesetrum seringkali ditandai terjatuh dan pingsan. Selain itu, korban juga mengalami luka bakar luas denyut jantung tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali, mengalami henti napas, dan otot berkontraksi (mengerut).

Ada tiga bahaya yang diakibatkan oleh listrik, yaitu kesetrum (sengatan listrik), panas atau kebakaran, dan ledakan. Kesetrum atau sengatan listrik akan dirasakan jika arus listrik melalui tubuh kita. Biasanya, arus listrik akan mulai dirasakan jika lebih  dari 5 mA. Pada arus kecil, aliran arus hanya akan mengakibatkan kesemutan atau kehilangan kemampuan untuk mengendalikan tangan. Pada arus yang lebih besar, arus listrik bisa membakar kulit dan daging kita.

Bahaya kedua adalah panas atau kebakaran. Panas muncul karena adanya aliran arus melalui resistansi. Besarnya panas sebanding dengan kuadrat arus, besarnya resistansi dan waktu.

Bahaya ketiga adalah ledakan.saat terjadi hubungan arus pendek, arus listrik yang mengalir akan sangat besar. Arus tersebut bisa menyebabkan kenaikan temperatur yang sangat cepat sehingga tekanan udara pun akan naik secara cepat.

Pertolongan Pertama

Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada korban kesetrum .

  • Pertama -tama pastikan apakah korban masih terhubung dengan aliran listrik atau tidak.jangan sekali-kali langsung menyentuh korban dengan tangan kosong karena anda pun bisa ikut menjadi korban.
  • Setelah itu, carilah sumber listrik dan matikan. Jika tidak bisa atau saklar listrik sangat jauh,mintalah bantuan orang lain untuk mematikannya. Atau bisa dengan menggunakan kayu untuk memisahkan korban dari aliran listrik.
  • Setelah itu, jika lokasi kejadian kurang aman dan nyaman, segera pindahkan korban ke tempat lain. Ingat , dalam memindahkan korban harus berhati-hati. Pakailah alas kering seperti koran, papan, selimut, matras karet atau baju kering. .jika korban sudah lepas dengan aliran listrik, periksa apakah ia masih mampu bertahan atau denyut nadi jantungnya sudah berhenti. Jika korban tidak bernapas, buka jalan pernapasan nya dan lakukan pernapasan buatan melalui mulut ke mulut.
  • Pertolongan awal yang anda berikan hanya bersifat penanganan awal. Oleh karena itu, segera larikan korban ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  • Sambil menuju atau menunggu bantuan medis datang, bandingkan korban dalam posisi terletang. Posisi kaki diatur agar lebih tinggi dai keala dengan tujuan untuk mencegah terjadinya Periksa pula pernapasan dan denyut jantungnya. Jika jantung atau naaps korban terhenti, segera berikan tindakan cardio pulmonal resuscitation(CPR).

 

BACA JUGA : Pertolongan Pertama Pada Syok ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *