Menu

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan Dan Pada Diare

Pertolongan Pertama Pada Diare

Penyakit yang satu ini sudah termasuk penyakit yang mendunia. Ia adalah suatu gangguan yang ditandai dengan kondisi tinja yang lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit 3x dalam 24 jam.  Sederhananya, diare adalah buang air besar yang tidak normal.

Kenali Gejalanya

Pada umumnya, timbulnya diare ini ditandai dengan kondisi tinja yang encer dengan frekuensi 4 kali atau lebih dalam sehari. Kondisi ini biasanya disertai muntah dan kondisi badan melemah. Selain itu penderita juga bisa mengalami panas dan nafsu makan yang berkurang. Bahkan dalam beberapa kasus, terdapat darah dan lendir dalam tinja.

Rasa mual dan muntah biasanya didahului oleh diare yang disebabkan oelh infeksi virus. Dapat pula mengalami sakit dan kejang perut serta flu, demam dan nyeri otot atau kejang dan sakit kepala.

Pertolongan Pertama

  • Berikan oralit setiap kali terjadi serangan diare

Anda bisa mendapatkan oralit di took obat atau obat. Selain itu bisa juga membuatnya sendiri. bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 sendok makan gula, seperempat sendok makan garam, dan 1 gelas air matang. Campurkan bahan kemudian aduk hingga larut.

  • Segera obati dengan sari daun jambu biji
  • Caranya, mungkin anda bisa mengolahnya menjadi jus, direbus, atau dikunyah langsung untuk mengambil airnya. Dan, cara memilih daun jambu biji tidaklah sembarangan.

Berikut adalah cara menggunakan daun jambu biji sebagai obta diare :

  • Ambilah daun jambu biji, kemudian dicuci dengan air bersih. Setelah itu dicampur dengan sedikit garam, langsung dimakan.
  • Ambilah daun jambu biji kemudian dicuci bersih lalu di jus.
  • Ambilan daun jambu, kemudian cuci dengan air dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih.

Obati dengan kunyit atau salak

Cara pengolahannya adalah sebagai berikut :

  • Ambilah beberapa buah kunyit kemudian dicuci dengan air. Setelah itu kupas kulitnya dan parut untuk diambil kulitnya. Kemudian diseduh dengan air panas lalu disaring dan diminum .
  • Cara kedua adalah kunyit yang telah dikupas kemudian diiris tipis-tipis dan disangrai. Setelah itu masukan nasi dan aduk hingga merata.
  • Sedangkan penggunaan salak untuk diare bisa dilakukan dengan cara dimakan langsung.

Bawa ke rumah sakit

Membawa pasien yang terkena diare ke rumah sakit harus segera dilakukan jika diare yang dialaminya berlangsung dalam waktu yang lama (1-2 hari). Penderita kerap kali kehilangan cairan dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *