Menu

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Asma

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Asma

Jika dilihat sepintas, sepertinya asma bukanlah penyakit serius. Namun tahukah anda bahwa penyakit-penyakit lain seperti kanker, jika sedang kambuh akan sangat berbahaya. Asma tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Bahkan jika tidak ditangani dengan baik penyakit ini bisa merenggut nyawa korban meskipun angka kematian yang disebabkan penyakit ini tidak banyak bila dibandingkan dengan penyakit-penyakit mematikan lainnya.

Kenali Gejala Penyakit Asma

Sebelum anda memberikan pertolongan pertama ini sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu kondisi korban apakah ia benar-benar mengalami asma atau penyakit lainnya. Jika penderita mengalami beberapa gejala berikut perlu dicurigai  adanya serangan asma pada setiap orang mungkin berbeda gejala awal mungkin hanya bisa dirasakan dan diketahui oleh orang yang bersangkutan. Meski demikian ada beberapa gejala yang bisa dideteksi oleh orang lain. Berikut adalah beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang terkena serangan asma.

  • Hal pertama yang paling mencolok dari serangan asma adalah tarikan napas menjadi pendek., bahkan tersengal-sengal. Hal ini biasanya diikuti dengan suara sengau atau siulan ketika bernapas karena berat sehingga terdengar “hik-hik”.
  • Penderita biasanya juga menderita batuk dan dada terasa sesak karena terjadinya pengetatan pada otot dada atau rasa sakit pada dada.
  • Penderita biasanya juga akan kesulitan tidur karena kondisi-kondisi di atas (napas pendek, batuk, dan napas sengau).

Gejala-gejala di atas menunjukan bahwa telah terjadi perubahan pada saluran pernapasan penderita. Pada beberapa penderita, semua gejala diatas mungkin terlihat namun bisa saja hanya beberapa dalam suatu serangan. Untuk itu gejala-gejala seperti ini mulai terlihat pertolongan pertama sebagai tindakan penanganan harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk lagi.

Adapun serangan asma sudah parah, gejala yang muncul agak berbeda. Kondisi ini biasanya merupakan fase gawat darurat yang bisa mengancam nyawa penderita. Adapun ketika serangan asma sudah parah gejala yang muncul agak berbeda. Kondisi ini biasanya merupakan fase gawat darurat yang bisa mengancam nyawa penderita. Gejala-gejala tersebut mengindikasikan adanya suatu tekanan yang sangat berbeda pada sistem pernapasan penderita. Adapun beberapa contoh dari gejala tersebut diantaranya:

  • Serangan batuk yang hebat, napas berat disertai suara yang merenghik, tersengal, dan dada terasa sesak.
  • Susah berbicara dan komunikasi
  • Jalan sebentar saja sudah membuat napas tersengkal-sengkal.
  • Napas menjadi dangkal dan cepat atau lambat dibanding biasanya.
  • Pundak agak bungkuk
  • Lubang hidung mengembang dengan setiap tarikan napas.
  • Daerah leher dan diantara atau dibawah tulang rusuk melesak dan dalam bersama tarikan napas.
  • Bayangan abu-abu atau membiru pada kulit, bermula dari daerah sekitar mulut.
  • Angka performa penggunaan Peak Flow Meter dalam wilayah beberapa biasanya di bawah 50% dari performa terbaik penderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *