Menu

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Asma

Pertolongan Pertama

Jika anda bertemu atau mendapati penderita asma, pertolongan pertama yang anda harus lakukan pertama kali adalah menempatkan penderita di ruangan yang luas dengan aliran udara yang lancar. Kemudian posisikan setengah duduk agar aliran udara pada saluran nafas nya menjadi lancar, berikan air minum hangat. Dari berbagai uarain tersebut pertolongan pertama pada asma dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Posisi penderita dalam kondisi yang paling nyaman. Jangan posisikan penderita berbaring karena penderita asma akan lebih nyaman dalam posisi duduk
  • Tenangkan penderita. Dalam hal ini anda sebaiknya meminta penderita untuk menggunakan inhaler dan bantulah jika perlu. Tapi jangan bayak bertanya pada penderita karena biasanya penderita sulit untuk berbicara.
  • Anda bisa menyarankan pengguna inhaler jika serangan asma yang terjadi adalah serangan ringan dan berhenti dalam waktu 5 atau 10 menit.
  • Jika ini adalah serangan pertama yang dialami penderita atau serangan tersebut parah dan inhaler tidak juga berefek dalam waktu 4 sampai 10 menit selama menunggu bantuan.
  • Jika penderita mengalami sulit bernapas atau kehilangan kesadaran, buka saluran napasnya dan periksa pernapasan serta peredaran darahnya.

Baca Juga :

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Pada Demam berdarah

Pertolongan Pertama pada serangan stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *