Menu

Pertolongan Pertama Pada Sakit Gigi

Pertolongan Pertama Pada Sakit Gigi

Meski tidak mematikan, namun siapa yang tahan dengan penyakit yang satu ini. Serangan penyakit berkenaan langsung dengan kenikmatan makanan yang kita konsumsi. Akibatnya jika anda terserang penyakit ini berkuranglah kenikmatan makanan tersebut.

Gejala seperti ini menunjukan bahwa gigi sedang mengalami gangguan kesehatan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini ialah seperti terjadinya kerusakan gigi, kondisi gusi yang bengkak dan berdarah, gigi retak atau rusak karena kecelakaan, syndrome gigi retak, gigi grinding, dan cara menyikat gigi yang tidak tepat. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh gigi yang sundulan, gigi bengkok, kawat gigi, dan lain sebagainya.

Lalu, tindakan apa saja yang dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita sakit gigi ini? Pada dasarnya, pertolongan pertama pada penyakit ini adalah pengobatan pada penyakit secara langsung untuk menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Berikut adalah beberapa tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi.

  • Berikan Es Batu

Es kadang kala bisa membuat nyeri pada gigi, bahkan bisa berujung pada timbulnya sakit gigi yang berulang. Namun demikian dengan cara tertentu, es batu justru bisa menjadi obat untuk penyakit tersebut.

Bagaimana caranya? Ambilah sepotong es batu kecil lalu letakan diantara ibu jari dan jari telunjuk. Pijat perlahan Selma 5-7 menit. Biasanya cara ini dapat mengurangi rasa sakit pada penderita sakit gigi sebab es batu bisa menyentuh sel-sel saraf yang terdapat disekitar ibu jari dan telunjuk. Bahkan pemijatan tersebut akan langsung menuju ke pusat saraf sehingga mampu menghilangkan rasa sakit hingga 60-90%.

  • Berikan Garam Dapur

Selain es batu, garam dapur juga sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Untuk itu, berikan garam dapur pada penderita dengan cara melarutkan garam terlebih dahulu dalam segelas air hangat (kira-kira 230 ml). setelah itu gunakan air larutan tersebut untuk berkumur. Tidak dianjurkan untuk diminum.

  • Berikan Bawang Putih

Caranya adalah satu suing bawang putih dipotong halus terlebih dahulu lalu tambahkan garam dengan cara ditaburkan diatasnya. Setelah itu kunyah pada daerah gigi yang sakit.

  • Berikan Cengkeh

Adapun bagian cengkeh yang dapat digunakan pengobatan penyakit gigi adalah bunganya. Cara penggunaanya adalah dengan menyangrai 5-10 butir bunga cengkeh lalu ditumbuk sampai halus. Setelah cengkeh menjadi bubuk, taburkan pada bagian gigi yang sakit. Selain menggunakan bunga cengkeh, anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang banyak dipasaran. Caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh yang sudah di teteskan pada kapas pada bagian gigi yang sakit.

  • Berikan Jahe

Bagaimana cara menggunakan jahe sebagai pengobat sakit gigi ?

Bersihkan sepotong jahe berukuran sedang kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu langsung taruh pada bagian gigi yang sakit. Selain dengan cara tersebut, bisa juga dengan cara dikunyah perlahan.

  • Tepung Lada

Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk lada dan minyak cengkeh kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Gigi sensitive pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

  • Jeruk Nipis

Peras sari jeruk nipis, oleskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut berfungsi sebagai pereda sakit gigi anda.

  • Terong Kurunung atau Terong Berduri

Ini lah obat sakit Gigi yang palaing ajaib, ampuh yang belum orang lain tahu karena terong ini lah yang bisa mengeluarkan kuman (ulam) gigi langsung hari itu juga.

Cara penggunaannya ialah dengan mengeringkan biji terong ini, lalu bakar genting di dalam bara api sampai memerah dan keluarkan, lalu berikan minyak goreng diatasnya serta masukan biji terong tersebut sampai berasap, lalau tutup dengan tempurung kelapa dan kasih lubang diatasnya (seperti corong) masukan bambu kecil untuk asap tersebut keluar, minumal harus ada 4 genting yang 1 di bakar yg 3 direndam air utuk alasnya, lalu hisap asap tersebut dan muntahkan kedalam tempurung batok kelapa tersebut dan lihat lah hasil tersebut 95% berhasil ulam gigi pada keluar.

Note : Pengobatan dengan terong berduri tersebut sudah saya lakukan sendiri dan hasilnya 95% ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *