Menu

Pertolongan Pertama Pada Sengatan Lebah Madu

Pertolongan Pertama Pada Sengatan Lebah Madu

Sengatan hewan yang satu ini memang tidak mematikan namun cukup membuat penderitanya merasa sangat kesakitan. Namun demikian, pada orang-orang yang alergi terhadap serangan serangga tertentu, sengatan lebah bisa menjadi penyakit serius. Bahkan sengatan tersebut bisa saja mengancam hidup penderita sehingga perlu diberikan pertolongan sesegera mungkin. Sengatan lebah biasanya meninggalkan reaksi local seperti kulit yang memerah dan bengkak.

Penanganan yang dilakukan pada kasus sengatan lebah bisa beragam, sesuai dengan tingkat keparahan nya. Tetapi langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah menyingkirkan sengat yang ditinggalkan oleh lebah dengan menggunakan benda tajam atau keras tipis seperti pisau, kartu kredit atau kuku jari. Keluarkan sengat yang tertinggal secara perlahan. Usahakan jangan sampai memeras kantong racun. Semakin cepat menyingkirkan sengat yang ada, akan mengurangi peredaran jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh.
Kondisi ini biasanya diikuti oleh rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Untuk itu diperlukan pertolongan pertama untuk menyelamatkan korban dan agar kondisinya tidak semakin parah.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memberikan pertolongan tersebut.

  •  Lebah yang menyengat biasanya meninggalkan sengatan ditubuh korban. Untuk itu, segera cabut sengat lebah yang masih menancap tersebut.
  •  Cabut dengan hati-hati, baik dengan menggunakan tangan langsung maupun menggunakan pisau atau kuku. Jangan sesekali memencetnya karena dikhawatirkan racun yang ada semakin menyebar.
  •  Setelah itu, daerah sengatan lebah dicuci dengan memakai sabun lalu kompres dengan air dingin atau es batu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun.
  •  Dianjurkan untuk mengoleskan krim atau lotion. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, tambahkan sedikit air.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *