Menu

Pertolongan Pertama Pada Vertigo

Pertolongan Pertama Pada Vertigo

Vertigo adalah perasaan mau jatuh dengan sensasi subjektif dimana penderita atau lingkungan sekitarnya seperti sedang berputar. Pada dasarnya, vertigo adalah gangguan ilusi gerakan dan bukan merupakan salah satu bentuk migrain.

Kenali Gejalanya

Sebenarnya vertigo adalah bentuk gangguan keseimbangan, baik terjadi pada otak maupun telinga bagian dalam. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal seperti virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, serta beberapa kasus epilepsi. Selain itu, vertigo juga bisa disebabkan karena faktor radang leher, mabuk kendaraan,infeksi bakteri pada alat pendengaran, dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Lebih dari itu, vertigo juga bisa disebabkan karena adanya kelainan pada telinga dan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, gangguan di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak, maupun didalam otaknya sendiri. Karena itu, serangan vertigo ditandai dengan timbulnya kesakitan berdiri dan bergerak karena merasa sakit kepala luar biasa, bahkan kerap kali disertai dengan rasa mual dan muntah.

Vertigo sebenar nya bukan suatu penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit tertentu. Misalnya, vertigo juga bisa menjadi penanda adanya gangguan pada otak, luka di batang otak, dan tumor atau kanker otak. Selain itu, vertigo juga menjadi tanda-tanda gejala penyumbatan darah ke otak. Penyumbatan pembuluh darah pada otak ini menyebabkan otak kekurangan oksigen. Selain itu ,gangguan sirkulasi darah pada pembuluh darah juga bisa ditandai dengan vertigo. Gangguan sirkulasi ini bisa dipicu oleh banyak faktor,antara lain timbulnya plak dinding pembuluh darah, meningkatnya kekentalan darah, atau mengeras nya dinding pembuluh darah.

Pertolongan Pertama

Bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada penderita vertigo? Berikut adalah beberapa pertolongan pada penderita vertigo.

  • Ketika penderita kambuh, topang badan penderita agar tidak jatuh karena hilangnya keseimbangan. Bila memungkinkan, bantu penderita untuk duduk atau bersandar disuatu tempat
  • Berikan minuman yang manis dan hangat seperti teh hangat manis. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah akibat keluarnya keringat dingin.
  • Jika penyakitnya tergolong akut, anda dianjurkan untuk memberinya obat penenang atau penangkal mual dan muntah.
  • Segera larikan penderita ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Dengan demikian dokter akan segera dapat mendiagnosa dan mencari penyebab dari gejala yang dialami nya. Sebab, meskipun mungkin gejala vertigo bisa hilang, bila dibiarkan akan semakin parah.

BACA Juga :

Pertolongan Pertama Pada Gigi Copot ,

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *