Menu

Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Anda pernah mengalami keseleo atau terkilir? Tentu saja hampir semua orang pernah  mengalaminya, terutama orang-orang yang sering berjalan kaki, berolahraga, atau mengangkat barang-barang berat. Keseleo biasanya terjadi pada pergelangan kaki atau pergelangan tangan. Keseleo juga dapat diartikan sebagai cedera yang melibatkan jaringan otot atau jaringan ligament yang dapat mengakibatkan peregangan atau robekan pada otot, tendon, atau ligament.

Kenali Gejalanya

Sepintas, gejala keseleo ini sangatlah mudah untuk dikenali. Namun demikian, untuk menilai kondisi ini tidaklah semudah itu sebab antara keseleo, luka dalam, dan patah tulang terkadang sangat sulit dibedakan. Maka dari itu, secara medis, pemeriksaan menggunakan sinar X adalah sesuatu hal yang mesti dilakukan. Namun, ini bukan berarti bahwa diagnosis penyakit ini tidak memiliki tanda yang membedakannya dengan kedua penyakit diatas.

Berikut adalah beberapa gejala keseleo yang mudah untuk dikenali.

  • Penderita keseleo akan mengalami sakit dan bengkak pada bagian sambung tulang.
  • Warna kulit pada bagian yang dicurigai keseleo kulitnya akan menghitam atau memar. Apabila diraba akan terasa empuk karena adanya pembengkakan.
  • Pada kasus-kasus tertentu, bagian yang keseleo akan sulit di gerakan, dingin, mati rasa, misalnya pada kaki.
  • Kadang kala terjadi pula ketidakmampuan untuk berjalan atau menanggung berat pada sendi.

Pertolongan Pertama

Berikut adalah beberapa prinsip dalam memberikan pertolongan pertama terhadap orang yang keseleo.

  • Jangan dipijat

Kebiasaan umum yang dilakukan oleh masyarakat untuk menangani keselo adalah dipijat. Memang, langkah ini tidak salah. Akan tetapi, masih banyak langkah pertama yang lebih baik untuk dilakukan.

  • Istirahat

Untuk menghindari cedera yang lebih parah, orang yang mengalami keseleo, sebaiknya langsung beristirahat. Ini penting untuk dilakukan karena pada 24-48 jam pertama setelah kejadian merupakan masa kritis. Oleh karena itu, sendi yang cedera tidak boleh mendapatkan tekanan yang bisa memperparah cederanya.

  • Kompres dengan es batu

Mengompres dengan es batu adalah langkah awal yang harus dilakukan selama 48 jam pertama setelah kejadian. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan plastic kemudian bungkus kembali dengan kain atau handuk. Lakukan selama 15 menit setiap 3-4 jam sekali samapi 3 hari setelah cedera. Hindari mengompres dalam waktu yang terlalu lama karena dapat merusak jaringan otot. Tujuan utama dari tindakan ini untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan bengkak, nyeri, memar dan kejang otot.

  • Perban

Pada keseleo yang mengalami komplikasi, penggunaan perban sangat disarankan. Perban yang digunakan harus elastic dan dilakukan bersamaan dengan elevasi dan penopangan.

  • Elevate

apabila anggota tubuh yang mengalami keseleo berada lebih tinggi dari posisi jantung, baringkan dan tempatkan bantal dibawah lokasi yang mengalami cedera  tersebut.

Baca Juga :

Pertolongan pada saat asma

Pertolongan Pertama Saat Demam Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *