Menu

Pola Makan Seimbang Untuk Balita

Pola Makan Seimbang Untuk Balita

Membiasakan gaya hidup yang sehat pola makan seimbang dan bernutrisi  dan menyiapkan menu yang menarik merupakan cara yang benar bagi pertumbuhan  dan perkembangan buah hati. Seperti yang kita ketahui nutrisi merupakan suatu zat yang sangat penting bagi balita yang optimal. Banyak hal yang biasa dilakukan ibu untuk membantu buah hati mendapatkan nutrisi yang di butuhkan. Beberapa hal antra lain :

  1. Merencanakan waktu makan yang teratur. Jaga jadwal makan dan makanan selingan anak setiap hari. Selalu usahakan untuk tidak merencanakan makan mendekati waktu tidur siang anak, karena mungkin ia akan terlalu lelah untuk makan.
  2. Memberikan makanan selingan yang menyehatkan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Ibu bias mencoba memberikan potongan buah segar, sayuran rebus, biskuit, roti isi kecil atau potongan keju.
  3. Mengurangi pemberian air minum sebelum makan, karena akan membuat balita menjadi kenyang sebelum waktu makan tiba.
  4. Latihan bua hati untuk makan di kursi makannya. Biarkan anak tersebut yang memutuskan seberapa banyak makanan yang diperlukan setiap kali makan.

Pada umunya balita membutuhkan kalori sekitar 1000-1300 perhari. Tetapi pada kenyataanya, kebutuhan kalori ini akan sulit terpenuhi jika sianak menolak untuk makan. Sayuran atau buah menjadi makanan yang paling disukai oleh anak-anak, padahal sianak membutuhkan nutrisi yang ada dalam buah dan sayuran. Balita biasanya belum mau mengonsumsi tiga kali makan besar dalam satu hari. Secara umum balita biasanya hanya berselera untuk satu kali makan besar dan beberapa kali makanan kecil atau cemilan.  Jika sianak tidak mau makan berat 3x sehari pling tidak berilah makanan berat minimal satu kali sehari. Selain itu bisa bisa diberikan makanan ringan yang padat kalori seperti risol dan kronet. Hal penting yang harus di ingat tentang pola makan balita adalah selalu menyiapkan makanan yang porsi kecil dan cek berat badanya setiap bulan. Jika ada penurunan berat bada segera konsultasikan pada dokter anak. Berikut tips yang bisa diberikata tentang pola makan bagi balita yang seimbang:

  1. Tawarkan makan kecil seperti cemilan dalam sebuah wadahbesar yang menarik
  2. Buatkan susu dari berbagi jenis sayuran dan atau daging, misalnya memberikan makan diantranya roti, biskuit, atau sayuran yang disajikan dengan sauce yang aman bagi balita.
  3. Bentuk pizza dengan menggunakan cookie cutter, sajikan dalam porsi kecil.
  4. Selalu sajikan makanan yang porsi kecil, jangan pernah menyediakan porsi besar, karena perut balita masih cukup kecil
  5. Berikan buah dan sayur secara bergantian.

Masa balita adalah masa periode perkembangan fisik dan mental yang pesat. Pada masa ini otak balita telah siap menghadapi berbagai stimulasi seperti belajar berjalan dan berbicara lebih lancar. Balita akan membutuhkan lebih banyak lemak  dan lebih sedikit serat agar terjadi penambahan berat badan yang sehat. Memberikan asupan makanan dengan nutrisi yang seimbang adalah hal cara terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

BACA JUGA

Pola Makan Seimbang Bagi Bayi  Pengaruh Status Gizi Tehadap Pertumbuhan Bayi

Kebutuhan Nutrisi Bagi Balita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *