Menu

Prinsip Diet Pada Penderita Pra Menstruasi Sindrom

Prinsip diet pada penderita pra menstruasi sindrom

Pra menstruasi sindrom (PMS) adalah kumpulan fakta yang terdiri dari gangguan fisik dan mental yang diperlukan 7-10 hari setelah menstruasi dan dihapus beberapa hari setelah menstruasi. Belum diduga karena banyak dugaan bahwa PMS terjadi akibat kombinasi dari berbagai faktor, salah satunya adalah perubahan hormonal yang terjadi sebelum menstruasi. Penurunan kadar hormon estrogen setelah ovulasi memengaruhi neuron transmiter di otak terutama serotonin memegang peran dalam perjanjian transisi.

Pola hidup yang tidak sehat karena faktor nutrisi yang ikut berperan dalam penyebab Pra Menstruasi Sindrom (PMS). Pola nutrisi yang tidak seimbang terdiri dari diet tinggi lemak, tinggi garam dan gula, vitamin B rendah, mineral, Alkohol yang berlebihan dapat memperberat kriteria yang ada. pada umumnya klinis yang dialami oleh penderita PMS. Karena fisik seperti di antara pegal linu, letih, nyeri kepala, punggung dan perut bagian bawah nyeri, payudara terasa nyeri, rasa kenyang atau kembung, konstipasi, diare, serta perubahan nafsu makan. Sementara itu gangguan mental terdiri dari suasana hati yang menjadi labil, iritabilitas depresi, ansietas, pemulihan, dan insomnia.

Prinsip Diet Pada Penderita Pra Menstruasi Sindrom

Diet yang disarankan untuk Pra Menstruasi Sindrom (PMS) yaitu:

Sebuah. Kurangi Asupan Garam Tubuh

Segala macam makanan asalkan menentang karena makanan asin berdampak meretensi udara yang menyebabkan pembengkakan perut. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin mencegah perut kembung dan nyeri.

b. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Pada saat menunggu menstruasi sistem dan cara kerja saraf akan sangat peka terhadap rangsangan. Etanol merupakan cairan yang mengandung zat Etanol, yaitu zat yang mengandung sistem saraf pusat. Terlalu banyak menghabiskan minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan Pra Menstruasi Sindrom (PMS) yang berhubungan dengan perasaan yang tidak terkontrol.

c. Memperbanyak makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks

Efek PMS dapat dihilangkan dengan kacang seperti nasi, jangung, kacang-kacangan dan gandum. hal tersebut karena hubungan antara kompleksitas dan serotin yang mengendalikan suasana nafsu makan dan tidur.

d. Minum susu

Kebutuhan kalsium orang dewasa yaitu sekitar 1000 mg / hari, jika jumlah tersebut tercukupi maka kalsium dalam tubuh dapat mengurangi gejala Pra Menstruasi Sindrom (PMS) seperti kejang perut. Untuk menerima asupan lemak maka dapat dipilih susu krim dan yoghurt rendah lemak.

e. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6

Sumber vitamin B6 dapat ditemukan pada ikan tuna, hati sapi atau ayam dan lainnya. tercukupi nya vitamin B6 di dalam tubuh terbukti dapat mengkontrol hormon serotin, sehingga otak lebih layak menerima Pra Menstruasi Sindrom (PMS) . batas maskimal konsumsi vitamin B6 pada orang dewasa adalah 50 mg / hari.

Status gizi terhadap sistem Reprodusi  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *