Menu

Rekomendasi Makanan Untuk Bayi 10 Bulan

Rekomendasi Makanan Untuk Bayi 10 Bulan

 

Ketika si buah hati sudah mulai memasuki usia sepuluh bulan, maka sudah diperbolehkan loh bagi bunda yang ingin memberikan makanan yang dicincang halus atau pun yang dipotong kecil-kecil, untuk waktu makannya sendiri Bunda bisa memberi makan si kecil 3 kali dalam sehari. Tapi bunda tetap harus memperhatikan ya makanan apa saja yang boleh diberikan untuk si kecil.

Diusia  10 bulan si kecil biasanya sudah mengalami banyak perkembangan, biasanya diusia nya yang sudah sepuluh bulan si kecil sudah mulai aktif, sudah mulai pandai ngoceh, sudah mulai belajar berjalan, gigi si kecil juga biasanya mulai tumbuh pada usia ini, dan untuk system pencernaannya sendiri biasanya pun sudah mulai matang. Beberapa adalah rekomendasi makanan yang untuk bayi berusia 10 bulan.

 

  1. Tetap Beri Asi

Pada usia 10 bulan asi memang bukan satu-satunya sumber pemenuhan kebutuhan si kecil, akan tetapi Asi akan menjadi nutrisi utama untuk si kecil di samping makanan pendamping asi.

  1. Buah-buahan

Kita semua sama tahu bahwa buah-buahan memiliki banyak nutrisi dan amat baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi tidak semua buah boleh diberikan untuk si kecil loh bunda, hal ini berkaitan dengan system pencernaan si kecil yang belum sempurna, buah-buahan yang direkomendasikan untuk diberikan kepada si kecil adalah pisang, alpukat, persik, apel, pir,kurma, ceri, melon,papaya, kiwi, ceri, blueberry.

  1. Sayuran

Bunda juga harus pintar memilih jenis sayur yang akan dikonsumsi oleh si kecil, karena memang pada usia sepuluh bulan tidak semua sayuran boleh dikonsumsi oleh si kecil. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk si buah kecil adalah, kentang, labu, ubi jalar, wortel, kacang polong brokoli, kembang kol, jamur, terong dan juga bayam.

  1. Sereal

Beberapa makanan sereal sudah bisa bunda berikan kepada si kecil saat usia si kecil sudah memasuki sepuluh bulan, beberapa makanan sereal tersebut diantaranya adalah nasi, gandum, dan juga wijen.

  1. Protein

Untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, bunda juga disarankan untuk memberikan protein hewani dan juga nabati pada si kecil, karena protein merupakan salah satu bagian yang penting dan harus dipenuhi oleh tubuh manusia, nah beberapa makanan yang mengandung protein dan di rekomendasikan untuk bayi 10 bulan adalah, telur, ayam, daging sapi, dan kacang polong.

 

Tapi ingat ya bunda, sebelum memberikan makanan untuk si kecil terlebih dahulu makanan tersebut harus dihaluskan, agar si kecil tidak mengalami gangguan pencernaan, karena meskipun system pencernaan si kecil sudah mulai matang tapi system pencernaan tersebut masih belum sempurna jadi kita tetap harus memberikan makanan yang tepat dan dalam keadaan halus untuk si kecil.

 

Maianan Anak Usia 6 Bulan Yang Aman dan Usia   7 Bulan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *