Menu

Resep Membuat Nasi Tim Bayi

Resep Membuat Nasi Tim Bayi

Nasi Tim merupakan salah satu jenis makanan pendamping ASI untuk bayi. Selain bubur yang biasanya dikonsumsi oleh bayi berusia enam sampai sebelas bulan, nasi tim juga bisa dijadikan solusi guna memenuhi gizi buah hati tercinta. Selain teksturnya yang cocok untuk bayi, nasi tim bayi juga kaya akan nutrisi karena bahan yang digunakan merupakan bahan yang mengandung nilai gizi untuk bayi.  Meskipun bahan dasar dari nasi tim bayi adalah beras, namun olahan yang satu ini juga tak jarang dicampurkan dengan sayuran, ati ayam, daging cincang, dan lain-lain.

Nasi tim biasanya memiliki rasa yang gurih karena diolah bersamaan dengan bumbu lainnya seperti kaldu, susu kedelai ataupun santan. Sehingga tak heran jika nasi tim bayi memang sangat digemari oleh bayi yang menginjak usia-usia produktif untuk mengunyah makanan. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat nasi tim ini bisa dengan cara direbus, dikukus, ataupun di panggang. Agar nasi tim memiliki nilai gizi yang tinggi, dapat ditambahkan sayuran dan lauk yang beragam.

 

Pembuatan nasi tim bayi biasanya disesuaikan dengan usia bayi yang akan diberi makanan pendamping ASI ini. Nasi tim bayi biasanya diberikan pada usia delapan bulan ke atas. Karena pada usia tersebut, bayi akan dengan mudah mengunyah tekestur nasi tim bayi yang lembut. Bunda dapat kreasikan beragam hidangan nasi tim bayi. Seperti nasi tim bayam, nasi tim ati ampela, nasi tim daging ayam, atau nasi timikan. Pemberian mpasi ini dapat menghilangkan rasa jenuh bayi disamping memenuhi gizinya melui nutrisi yang terdapat dalam nasi tim bayi.

 

Nasi tim yang terbuat dari bahan dasar beras merah biasanya cocok untuk bayi karena seperti diketahui beras merah memiliki serat yang sangat tinggi. Jika Bunda menggunakan beras merah sebagai bahan dasar nasi tim, Bunda dapat menambahkan kaldu sapi ataupun kaldu ayam untuk menambah cita rasa nasi tim bayi agar terasa lebih gurih dan lezat. Membuat nasi tim bayi memang relatif mudah, terlebih jika membuatnya sendiri dirumah. Selain kaya akan nutrisi, pembuatan nasi tim bayi ini juga akan terjaga kebersihannya. Mengingat dibuat menggunakan tangan sendiri dan dari bahan-bahan yang dibeli sendiri.

 

Nasi tim ini biasanya terdiri dari bahan-bahan seperti beras merah, tahu cincang, daging cincang, wortel, tomat, santan kelapa, dan air.  Bahan-bahan tersebut merupakan bahan pokok, Bunda juga bisa menambahkan rebusan kaldu untuk menambah cita rasa. Adapun cara mengolahnya ialah dengan cara dikukus. Cara ini merupakan cara yang umum digunakan ketika akan membuat nasi tim bayi. Dengan cara mengkukus juga akan lebih membuat tekstur nasi tim bayi lebih lembut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *