Menu

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Ruang baca ilmu gizi sangat luas dan terdiri dari tiga kaca. Tiga latar ruang tersebut adalah input, proses dan output. Yang merupakan makanan yang disantap di Cerna Diserap, dan digunakan dalam proses hubungan tubuh. sementra output yang menghasilkan sel tumbuhan, memeperlancar fungsi anatomi tubuh serta menghasilkan dalama menghasilkan energi. Ilmu giji akan selalu berhubungan dengan disiplin ilmu yang lain karena tidak dapat berdiri sendiri. Dalam memepelajari ilmu gizi umum juga mempelajari dengan makanan. Dalam memepelajari ilmu gizi, secara umum juga membahas beberapa hal yang direkomendasikan berikut ini.

  1. Sumber daya alam lokal, di mana bahan makanan akan dihitung dengan pemenuhan gizi seimbang.
  2. Ilmu agronomi dan perternakan, yaitu membahas tentang cara produksi panagan.
  3. Ilmu panagn dan kedokteran, yaitu perubahan-perubahan paskapanen yang melengkapi penyediaan distribusi fisik, dan pengolahan. Selain itu, dipelajari juga tentang konsumsi makanan dan cara pemanfaatanya makanan oleh tubuh dalam kondisi sehat dan sakit.
  4. Ilmu mikrobiologi, biokimia, faal dan biologi molekuler, yaitu hubungan zat-zat gizi dan zat kimia makanan.
  5. Ilmu ekonomi dan sosisal seperti antropologi, sosial, dan pisikologi. Ilmu-ilmu tersebut berkaitan erat dengan penyediaan makanan perorangan atau keluarga. Kondisi sosial yang akan mempengaruhi cara pengolahan dan konsumsi panagn serta prilaku seseorang terhadap jenis makanan tertentu yang dikeluarkan oleh mitos.

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Pada saat dibutuhkan, zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dikelompokan menjadi tiga bagain. Tiga bagian tersebut adalah sumber energi, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta proses pengatur tubuh. Zat gizi yang termasuk sumber energi yaitu lemak, lemak dan protein,. Oksidasi beberapa zat tersebut digunakan untuk aktivitas tubuh dan disebut sebagai zat pembakar. Sementara itu, zat gizi yang termasuk dalam zatpertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh yaitu protein, mineral, dan udara. Fungsi dari selebihnya untuk membuat sel-sel baru, mengatasi, dan mengganti sel-sel yang rusak. beberapa zat itu disebut zat pembangun. Yang terakhir zat yang termasuk proses pengatur protein tubuh. mineral, udara, dan petamin.Fungsi protein sebagai pengatur keseimbangan air dalam sel. bertindak sebagai pemelihara netralitas tubuh dan membeku antibodi penangkal infeksi dan bahan-bahan asing yang dapat masuk ke dalam tubuh. Setelah mengetahui kelompok yang diperlukan oleh beberapa zat gizi tertentu:

  1. Karbohidrat. Karbohidrat disebut juga zat pati, zat tepung, atau zat gula yang tersususn dari Karbon, Hidrogen dan Oksigen. Di dalam tubuh, akan dibakar untuk menghasilkan tenag atau panas. satu gram akan menghasilkan empat kalori. Menurut besarnya molekul, emisi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Karbohidrat menjadi komponen struktur penting pada mahluk hidup dalam bentuk serat (serat) seperti selalulosa dan ligni. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh, dan tubuh akan menggunakan zat tersebut sebagai bahan bakar glukosa. Karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam darah sehingga tersedia untuk seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh menyerap glikosa dan diaktifkan menjadi tenaga untuk mengaktifkan sel-sel tubuh. fungsi dari karbohidrat yaitu:
  • Sebagai sumber energi
  • Pemberi rasa makanan manis, khusus pada mono sakarida pada di sakarida.
  • Penghemat protein Jika makan tidak tercukupi maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi.
  • Asam lemak, asam lemak, asam lemak beta, asam lemak beta, asam lemak beta, asam lemak beta, asam lemak beta.
  • Membantu mengeluarkan feses dengan cara memberikan peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses.
  • Pembentukan cadangan energi, kelebihan cadangan dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan sumber energi yang diperlukan.
  • Memeberi rasa kenyang, mengandung volume yang besar dengan selulosa sehingga memberikan rasa kenyang.

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Kebutuhan setiap orang tidak dapat dilakukan dengan akurat karean berakit dengan aktivitas yang dilakukan. Kebutuhan cadangan seseorang juga dapat diambil dari cadangan makanan asam amino dan griserol yang disimpan pada jaringan lemak dan diubah menjadi cadangan sesuai waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan tubuh manusia tidak perlu tubuh untuk berbagi hasil dalam tubuh pencernaan. Jenis Karbohidrat tersebut yaitu: Karbohidrat sederhana dan Karbohidrat Kompleks.

 

KANDUNGAN BUAH DAN GIZI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *