Menu

Tujuan Pertolongan Pertama

Tujuan Dan Prinsip Pertolongan Pertama

Pertolongan pertama harus diberikan lebih cepat karena perawatan lebih lanjut tertunda. Selain itu pertolongan pertama juga harus dilakukan dengan tepat akan meringankan sakit yang sedang di derita korban. Pertolongan yang tidak dilakukan dengan cepat salah, bisa berakibat fatal bagi korban. Tindakan tersebut tidak hanya akan membuat kondisi semakin parah juga bisa terjadi.

Tujuan Pertolongan Pertama

Secara umum pertolongan pertama dilakukan berdasarkan tujuan-tujuan berikut:

  1. Dasar utama yang dilakukan pertolongan pertama adalah untuk menyelamatkan jiwa penderita. Jadi pertama-tama, pertolongan pertama yang diangkat sebagai korban tidak menjadi semakin parah yang bisa berakhir pada kematian. Penyebab pertolongan yang lambat seperti serangan jantung, luka bakar, overdosis, kesetrum dan lain-lain, sangat kemenangan untuk menyelesaikan kematian.
  2. Setelah itu pertolongan pertama juga harus dilakukan untuk mencegah lebih lanjut meminimalkan risiko pada korban seperti luka, gigitan binatang, dan lain-lain. Oleh karena itu pertolongan pertama yang dilakukan dengan sangat mungkin dapat mencegah korban menjadi semakin parah.
  3. Selain itu, tidak dapat dipungkiri lagi, pertolongan pertama dapat memberikan rasa nyaman pada korban atau penderita. Sebab pertolongan yang diberikan akan sangat membantu meringankan penderitaan korban.
  4. Pertolongan pertama yang membantu proses pemulihan pada korban, sebab pertolongan pertama yang diberikan atas dasar tidak hanya memberikan rasa nyaman pada penderita tetapi juga menjadi salah satu media agar penderita dapat pulih dengan lebih cepat. Paling pertolongan pertama bisa membantu mencegah bertambah parahnya kondisi korban.
    Prinsip Pertolongan Pertama
    Setelah mengetahui tujuan dari pertolongan pertama, Anda juga harus tahu apa saja prinsip-prinsip dasar dari pertolongan pertama tersebut. Hal ini sangat penting juga untuk disetujui agar memudahkan Anda dalam memberikan pertolongan dan menghindari hal-hal yang lebih buruk lagi pada penderita lebih-lebih ada sebagai penolong. Alasan pada hakikatnya prinsip pertolongan pertama ini harus dilakukan untuk tujuan yang diharapkan terkait dengan keselamatan pertanggungan dan Anda sebagai penolong.

Berikut beberapa prinsip pertolongan pertama :

  1. Periksa terlebih dahulu apakah tentang tempat kejadian ada orang lain yang bisa membantu Anda atau tidak.
  2. Lakukan pertolongan pertama dengan tenang. Atur emosi dan psikis anda. Karena pada dasarnya harus dilakukan secara fokus dan tenang.
  3. Jika banyak orang, mintalah bantuan untuk bersama-sama memberikan pertolongan kepada penderita atau korban. Semakin bayak orang, pertolongan pertama yang diberikan akan semakin baik.
  4. Pada penderita sabar, anda harus bisa meyakinkan penderita bahwa ada orang yang akan memberikan pertolongan padanya. Anda akan melakukan apapun dan juga sanggup melakukannya karena anda memang bisa menyelamatkannya.
  5. Lakukan pertolongan pertama dengan cepat. Cepat bukan berarti cekatan menghampiri penderita namun yang lebih penting adalah cepat dalam memberikan tindakan pertolongan.
  6. Anda jug diharuskan untuk menyiapkan sarana transportasi untuk membawa korban ke klinik atau rumah sakit terdekat. Dan mintalah bantuan orang lain untuk menghubungi ambulans atau minta transportasi untuk korban.
  7. Jangan lupa untuk membeli barang-barang milik korban. Selain bermanfaat untuk menjamin barang-barang tersebut tidak hilang dan lebih mudah untuk dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *