Menu

Yuk, Atur Jadwal Pemberian Mpasi Yang Tepat

Yuk, Atur Jadwal Pemberian Mpasi Yang Tepat

 

Si kecil sudah memasuki usia 6 bulan? Wow, saatnya bunda mencari tahu informasi seputar MPASI. Apalagi, bagi bunda yang baru saja memiliki anak pertama maka mau tidak mau harus mengetahui apa saja yang dipersiapkan. Namun, pertanyaan yang selalu muncul adalah bagaimana sih mengatur jadwal pemberian Mpasi yang tepat. Termasuk, bagaimana mengatur jadwal makan si kecil. Atau, kapan saja si kecil harus diberi makan Mpasi dan jenis makanan apa yang diberikan.

Perlu diketahui, bahwa bayi yang berusia 6 bulan hingga 1 tahun masih dalam proses pengenalan makanan lewat Mpasi. Artinya, bunda harus tahu bahwa ASI masih merupakan makanan utama. Nah, berangsur angsur mulai dari 1 tahun hingga 2 tahun, fungsi ASI sebagai makanan utama secara peralahan akan teralihkan dengan makanan pokok seperti nasi dan lainnya.

 

Meskipun tidak ada urutan baku dalam mengenalkan Mpasi kepada anak namun secara garis besarnya kesiapan perut si kecil haruslah diperhatikan. Artinya, pada tahap permulaan bunda bisa mengenalkan Mpasi setidaknya 1 kali dalam sehari. Lama kelamaan frekuensinya pun ditambahkan menjadi 3 kali.

 

Misalnya, di awal Mpasi bunda hanya memberikan pada jam makan siang, perlahan bunda bisa tambahkan dengan makan malam dan terakhir ditambahkan dengan sarapan. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Itu tadi, kesiapan perut si kecil untuk mencerna makanan masih dalam tahap pembelajaran. Jadi, jangan paksakan bayi untuk makan dalam jumlah banyak.

 

Adapun jenis makanan yang harus dipersiapkan untuk Mpasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, sayur, buah dan protein. Dan itupun harus dilakukan secara bertahap per minggu pertamanya. Misalnya saja, minggu pertama bunda hanya memberikan ikan saja, atau nasi saja atau buah saja tanpa mencampur dengan bahan lain.

 

Minggu kedua, bunda bisa tambahkan nasi dengan ikan, buah dengan susu dan seterusnya. Kemudian, di minggu ketiga bunda bisa mencampurkan beberapa bahan sekaligus namun tetap mengutamakan karbohidrat, lemak, protein hewani dan protein nabati.

 

Untuk pemberiannya pun sangat ditentukan oleh kesiapan si bayi namun bukan berarti membiarkan. Misalnya, di usia 6 bulan tekstur makanan yang disajikan masih dalam keadaan halus namun tidak encer. Nah, di usia 8 bulan atau lebih tekstur makanan bisa diubah menjadi lebih kasar dan kering. Hal ini penting agar bayi tidak kekurangan gizi yang bisa menyebabkan perkembangannya menjadi lambat.

 

Adapun jadwal pemberian Mpasi sebaiknya lebih memprioritaskan pemberian protein dibandingkan dengan sayuran dan buah. Hal ini penting mengingat bayi sangat membutuhkan zat besi yang didapatkan dari aneka protein. Apalagi, bagi bayi ASI alias tidak minum susu formula sangatlah penting melebihkan jumlah protein yang masuk ke dalam tubuhnya.

Baca Juga Manfaat Sawo Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *