Menu

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Zat gizi di artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia kemudian sangat bermanfaat untuk bertahan hidup. tetapi sejatinya gizi ini memiliki arti yang lebih luas. gizi tidak hanya terkait dengan jenis makanan serta manfaatnya untuk tubuh. gizi juga membahas tentang beberapa cara untuk bisa menerima serta mengolah zat gizi diperlukan tubuh tetap sehat.

Gizi merupakan keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dengan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk keperluan transportasi. Karena zat gizi adalah zat yang ada di dalam makanan dan di butuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses pengaliran, pencernaan dalam makanan halus, transportasi oleh darah, pertumbuhan pemeliharaan jaringan tubuh, proses biologis, peyembuhan dan kekebalan tubuh.

Substansi kimia yang diperlukan zat gizi yang dibutuhkan manusia. zat gizi akan di cerna, diserap, dan digunakan untuk didorong peningkatan faal tubuh. Beberapa zat gizi dibuat oleh tubuh sendiri atau disebut zat gizi esensial yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari karena tubuh tidak dapat mensistesis senidi. Jika zat gizi yang di kategorikan esensial ini tidak terpenuhi, makan bisa menyebabkan pertumbuhan, sakit atau gangguan fungsi tubuh.

Zat gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk penghasil tenaga yang diperlukan proses tumbuh kembang pada anak, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, zat pembangun dan pengaturan semua fungsi tubuh yang dapat berjalan dengan baik, berbagai penyakit juga dapat di hindari manusia, jika zat gizi yang dapat dipenuhi kecukupan nya. zat gizi dapat di bagi menjadi zat organik dan anorganik

Zat Gizi Organik, terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin sedangkan zat gizi anorganik terdiri dari mineral dan udara, selain itu zat gizi dapat dikelompokan sebagai sumbernya melalui pengaktifan dan sesuai dengan yang dijelaskannya:

  1. Zat gizi berdasarkan sumbernya, terbagi menjadi dua yaitu:
  2. Nabati, yaitu sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuh
  3. Hewani, yaitu sumber zat gizi yang berasal dari hewani.
  4. Baca lebih lanjut tentang fungsinya bagi tubuh yaitu:
  5. Sumber tenaga bagi tubuh, antara lain karbohidrat, lemak dan protein
  6. Pembangunan dan penjagaan tubuh, protein lain, lemak, mineral, dan vitamin,
  7. Pengatur proses kerja di dalam tubuh, mineral protein antara lain, vitamin dan udara
  8. Zat gizi berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dibagi menjadi dua bagian yang dibutuhkan:
  9. Zat gizi makro, adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dengan ukuran satuan gram, seperti lemak, lemak dan protein.
  10. Zat Gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit dengan satuan milligram, diantaranya mineral dan vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *