Menu

Zat Zat Gizi

Zat Zat Gizi

Pada umunya zat-zat gizi yang diperluka oleh tubuh dikelompokan menjadi tiga bagian. Tiga kelompok bagian tersebut adalah sumber energi, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta proses pengatur tubuh. Zat gizi yang termasuk sumber energi yaitu lemak, lemak dan protein. Oksidasi beberapa zat tersebut digunakan untuk aktivitas tubuh dan disebut sebagai zat pembakar. Sementar itu adalah zat gizi yang termasuk ke dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh yaitu protein mineral dan udara. Fungsi dari zat ini untuk membuat sel-sel baru, memutuskan dan mengganti sel-sel rusak. Beberapa zat itu disebut sebagai zat pembangun. Yang terkahir zat yang termasuk proses pengatur tubuh yaitu protein, udara mineral, dan  vitamin   Fungsi protein sebagai pengatur keseimbanagn udara dalam sel, bertindak sebagai pemelihara netralitas tubuh dan membuat anti bodi penangkal hubungan infektif dan bahan-bahan yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Beberapa Zat Zat Gizi

Karbohidrat 

Karbohidrat disebut juga zat pati, zat tepung, atau zat gula yang tersusun dari Karbon Hidrogen dan Oksigen. Didalam tubuh, membakar akan dibakar untuk menghasilkan tenaga atau panas. satu gram akan menghasilkan empat kalori. Menurut besarnya molekul dapat dibedakan menjadi tiga yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Bentuk molekul yang paling banyak terdiri dari satu molekul gula yang terangkai menjadi rantai panjang dan bercabang-cabang. Karbohidrat merupakan bahan makanan yang penting dan merupakan sumber tenaga yang dapat tumbuh di dalam tubuh dan daging hewan. Karbohidrat menjadi komponen struktur penting pada mahluk hidup dalam bentuk sarat, seperti selulosan, pektin, dan lignin.

Protein

Protein adalah molekul makro dalam tubuh terbesar setelah air dan berada pada setiap sel hidup. Memiliki berat antara limaribu hingga beberapa juta, protein merupakan penyusun bagian tubuh sebanyak 1/5 bagian, setengahnya ada di dalam otot, 1/5 bagian berada di tulang dan tulang rawan, 1/10 di bawah kulit dan tertutup cairan dalam tubuh. Proteni merupakan zat penyusun enzim, hormon, dan pengangkut zat-zat gizi. Selain itu protein sebagai pembentuk hormon untuk pertumbuhan dan perkembangan seks dan peternakan. Protein terdiri dari rantai-rantai panjang asam amino yang terikt satu sama lain dalam ikatan peptida. Beberapa unsur penyusun asam amino tersebut adalah karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen.Selain asam amino juga mengandung fosfor, besi, sulpur, iodium,

Lemak

Lemak merupakan senyawa organik yang tersusun atas tidak-tidak-C, H, dan O sebagai penggumpalan yang diizinkan, dipindahkan oksigen terhadap, karbon dan hidrogen lebih rendah pada lemak dibandingkan tidak pada karbohidrat. Lemak lebih sedikit mengandung oksigen dan kalori yang dihasilkanya dua kali lebih banyak dari pada konsumsi dalam jumlah yang sama. Fungsi utama lemak menyediakan tenaga keepada tubuh. Disamping fungsinya sebagai sumber tenaga lemak juga menjadi bahan pelarut dari berbagai vitamin A, D, E dan K.

Vitamin

Setiap vitamin yang mendukung fungsi khusus di mana beberapa vitamin yang sama-sama fungsi tubuh memertahankan dan mempertahankan pertumbuhan, menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh, melindungi sistem saraf makan, makan yang normal, dan menggunakan zat-zat makanan.

Mineral

Mineral merupkan faktor enzim-enzim yang terlibat dalam fungsi tubuh baik pada tingkat sel jaringan, organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan. Mineral merupakan komponen inorganik yang terdapat dalam tubuh manusia. Pada sumber mineral yang paling baik dari makanan hewani, kecuali menesium yang lebih banyak tersedia di alam makanan nabati.

Air

Air merupakan media yang penting dalam mencapai mahluk hidup, termasuk sel. Berfungsi sebagai zat pelarut dan zat gizi, sebanyak 55-60% berat badan dan 75% pada bayi merupakan cairan tubuh. Volume cairan tubuh akan berkurang seiring pertumbuhan seseorang. Selain zat terlarut dan zat gizi, udara memiliki beberapa fungsi lain seperti katalisator dalam berbagai reaksi biologik, pertumbuhan fasilitator, pengatur suhu tubuh, dan peredam benturan organ-organ tubuh. Keseimbangan cairan tubuh adalah keseimbangan antra jumlah yang masuk dan keluar tubuh, melalui perpindahan ini jumlah cairan tubuh akan selalu seimbang.

Kandungan gizi buah dan sayur

Ilmu Gizi

Zat Zat Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *